Rabu, 27 Januari 2010

TEMPAT YANG TEPAT & WAKTU YANG TEPAT

YOHANES 15:1-8

Ungkapan aku adalah atau EGO EIMI [adalah, ada, terjadi, hidup, berarti, tinggal, datang) menunjukkan kepada pribadi Yesus yang sesungguhnya. Pribadi yang sejatai yang tidak dapat dibandingkan dengan yang lainnya.
15:1 Kata Yesus lagi, "Aku pohon anggur yang sejati, dan Bapa-Ku adalah tukang kebunnya.
15:2 Setiap cabang pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya, dan setiap cabang yang berbuah, dikurangi daunnya dan dibersihkan-Nya supaya lebih banyak lagi buahnya.
15:3 Kalian sudah bersih karena ajaran yang Kuberikan kepadamu.
15:4 Tetaplah bersatu dengan Aku dan Aku pun akan tetap bersatu dengan kalian. Cabang sendiri tak dapat berbuah, kecuali kalau ia tetap pada pohonnya. Demikian juga kalian hanya dapat berbuah, kalau tetap bersatu dengan Aku.
15:5 Akulah pohon anggur, dan kalian cabang-cabangnya. Orang yang tetap bersatu dengan Aku dan Aku dengan dia, akan berbuah banyak; sebab tanpa Aku, kalian tak dapat berbuat apa-apa.
15:6 Orang yang tidak tetap bersatu dengan Aku, akan dibuang seperti cabang, lalu menjadi kering. Cabang-cabang yang seperti itu akan dikumpulkan dan dibuang ke dalam api, lalu dibakar.
15:7 Apabila kalian tetap bersatu dengan Aku dan ajaran-Ku tinggal dalam hatimu, mintalah kepada Bapa apa saja yang kalian mau; permintaanmu itu akan dipenuhi.
15:8 Kalau kalian berbuah banyak, Bapa-Ku diagungkan; dan dengan demikian kalian betul-betul menjadi pengikut-Ku.

3 kabar baik dalam konteks
Yohanes 15:1-8

1.Kita harus selalu dibersihkan oleh firman Tuhan (ayat 3).
Καθαρός = katharos (bersih. 2 halal, tidak haram. 3 yang tidak menimbulkan debu.)
Ibrani 10
10:22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.
Lαλέω = laleō (mengajarkan (the Gospel). 2 menasehat, berkata, membisikkan, berbicara, berkata, mengucapkan, menyatakan, membisikkan, memberitakan


2.Kita akan selalu berbuah banyak (ayat 2,5,8).
Καρπός = karpos = buah (buahan). 2 hasil. berbuah. 2 membawa hasil.

Lembahnya cinta adalah cinta kepada sesama.
Keluhuran budi pekerti akan tampak pada ucapan dan tindakan.
Cinta indah seperti bertepuk dua tangan, tak akan indah jika hanya sebelah saja
Jika kita melayani, maka hidup akan lebih berarti (John Gardne)

Jika kita mengatakan bahwa Allah kita hebat besar dan agung kepada orang lain maka dia akan sulit untuk percaya, tetapi ketika kita melakukan sesuatu tentang karya Tuhan yang hebat besar dan agung maka orang disekeliling kita percaya bahwa Tuhan kita memang benar ada.

Kita melihat kebahagiaan itu seperti pelangi, tidak pernah berada di atas kepala kita sendiri, tetapi selalu berada di atas kepala orang lain. - Thomas Hardy

3.Minta apa saja yang kamu kehendaki (ayat 7)

θέλω, θέλω =thelō ethelō berharap, berkehendak, ingin, suka, menikmati

Tapi ingat ada syarat sebelumnya 15:7 Apabila kalian tetap bersatu dengan Aku dan ajaran-Ku tinggal dalam hatimu, mintalah kepada Bapa apa saja yang kalian mau; permintaanmu itu akan dipenuhi.

Tuhan lebih tahu segala kebutuhan kita sebelum kita memintanya.


1 komentar: